VISI DAN MISI YAYASAN BERITA SIBER INDONESIA

0
176

Oleh : Dharma Leksana, S.Th., M.Si

Beritasiber.net – Kota Bekasi, Visi dan Misi Yayasan Berita Siber Indonesia sejalan dengan semangat Pembukaan Undang Undang Dasar Tahun 1945 yang berbunyi :

“Dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945.”

PEMBUKAAN

( P r e a m b u l e )

Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial       , maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam hal ini Yayasan Berita Siber Indonesia akan mengambil bagian berperan aktif  ikut serta “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” dengan berpartisipasi penuh menanamkan kembali Falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu PANCASILA dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Yayasan Berita Siber Indonesia atau “YABERSI” merupakan sebuah Yayasan yang lahir dari keprihatinan masyarakat terhadap lahirnya fenomena disparitas informasi yang membuat disrupsi (kebingungan) publik terutama mengenai maraknya Berita Berita ( Bohong) Hoaks  yang simpang siur lalu lalang di dunia siber (online), ditambah lagi lemahnya Literasi Digital masyarakat kita melengkapi penjajahan informasi di negara ini.

Dari kiri ke kanan : Notaris Adianto Sinaga, SH.,M.Kn., Romeston Purba, SH.,MH., Dharma Leksana, S.Th., M.Si., Ir. Bambang Ermansyah Saragih, MM., James Tambunan, Jahotden Saragih.

Fenomena hoaks yang semakin merajalela di dunia maya dan dengan mudahnya penyebaran informasi melalui media sosial sehingga dapat menimbulkan beragam opini masyarakat. Penyebaran berita hoax juga mampu membawa pada kerancuan informasi dan kehebohan publik akan suatu informasi, bahkan dapat juga berakibat pada perpecahan suatu bangsa.

Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, mendorong masyarakat mau tidak mau, suka atau tak suka harus terseret masuk ke dalam dunia digital. Masyarakat analog dipaksa migrasi menuju masyarakat digital. Seperti Teori Quantum Leap Niehls Bohr, saat ini terjadi Quantum leap, masyarakat dipaksa melompat masuk kepada masyarakat digital.

Sebuah lompatan tentu menimbulkan dampak, banyak masyarakat yang gagap dan tidak siap migrasi menuju masyarakat digital (siber). Masyarakat harus hidup dengan budaya baru dan etika baru yaitu Etika Siber (etika bermedia sosial). Ada Hukum yang baru dalam media Siber seperti UU ITE yang menjadi payung hukumnya namun masih banyak masyarakat yang belum paham. Dan munculnya kegiatan kegiatan siber yang lain seperti : Game Online, Judi Online, Prostitusi Online, Penipuan Online dan segala macam bentuk kejahatan SIber (Online) dan melanggar hak hak masyarakat namun tidak tahu kemana, bagaimana dan kepada siapa masyarakat mengadu.

Yayasan Berita Siber Indonesia dibangun untuk MENDAMPINGI MASYARAKAT MASUK KEPADA DUNIA SIBER (DUNIA DIGITAL), KAMI SIAP MENGAWAL MIGRASI MASYARAKAT ANALOG MENUJU MASYARAKAT DIGITAL YANG SEHAT.

Kami mendirikan Yayasan Berita Siber Indonesia untuk bergerak di bidang sosial, Kemanusiaan dan keagamaan sesuai dengan Undang Undang Yayasan untuk membantu masyarakat :

  • Melawan Berita Bohong / Hoaks
  • Membangun Literasi Digital
  • Edukasi publik terkait Etika Siber (Etika ber-medsos/siber)
  • Edukasi publik terkait Hukum Siber ( terutama UU ITE )
  • Ikut Aktif melakukan Patroli Siber (bermitra dengan Badan Sandi Siber Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), Kominfo dan DPR RI Komisi III)
  • Menerima Pengaduan Masyarakat Korban Kejahatan Siber dan memberikan Bantuan Hukum terkait Kejahatan Siber.
  • Mengadakan pelatihan pelatihan jurnalistik online
  • Menyelenggarakan seminar seminar untuk mendidik masyarakat terkait media social mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi bersama stakeholder terkait.
  • Membuat Riset dan Penelitian Penelitian
  • Yabersi juga melayani kegiatan social kesehatan masyarakat termasuk pelayanan ambulans dan klinik kesehatan ( saat ini sudah memiliki 1 unit ambulans beritasiber).
  • Pelayanan Sosial lain seperti Pemberian Santunan Yatim Piatu dan Dhuafa serta Beasiswa anak tidak mampu.
  • Menyalurkan Bantuan Bencana Alam dan Aksi sosial lainnya.
Yayasan Berita Siber Indonesia

YAYASAN BERITA SIBER INDONESIA berdiri secara resmi dan Legal dengan Akta Notaris : Adianto Sinaga, SH., M.Kn.  Nomor : 07  Tanggal 30 Juli 2021 dan disahkan dengan SK Kumham No. AHU-0018246.AH.01.04. TAHUN 2021 TENTANG PENGESAHAN PENDIRIAN BADAN HUKUM YAYASAN BERITA SIBER INDONESIA, NPWP : 43.174.843.3-447.000 Yayasan Berita Siber Indonesia dan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) : 0109210005507  .

Yayasan Berita Siber Indonesia saat ini beralamat kantor di Ruko Jalan Raya Pasar Kranggan No. 111 B RT. 003 RW. 009, Kel. Jatirangga, Kec. Jatisanpurna, Kota Bekasi Jawa Barat Hp. : 0812 8230 3839 (Hotline Redaksi), 0812-9279-1868 Email : redaksi@beritasiber.net dan yabersi007@gmail.com

Kantor Pusat Yayasan Berita Siber Indonesia

Pelayanan Sosial dalam bentuk pemberian Informasi yang sehat kepada publik, memberikan edukasi terkait pergeseran budaya analog menjadi budaya online (digital) di ranah dunia maya (siber), serta memberikan pelayanan bantuan hukum terkait korban kejahatan siber, dan mencerdaskan masyarakat untuk lebih bijak ber media sosial dan bermasyarakat di dunia maya (siber) barangkali belum banyak atau bahkan belum pernah dilakukan oleh organisasi sosial yang lainnya.

Kepedulian Yayasan Berita Siber Indonesia (YABERSI) terhadap dampak informasi yang disruptif dan terpolarisasi akibat ketidaktahuan publik yang dapat memecahbelah kehidupan sosial masyarakat secara sosial, politik, budaya, ekonomi, ideologi, kebangsaan dan kemanusiaan pada galibnya perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa :

Siapa yang menguasai dunia informasi, Dialah sesungguhnya yang akan menguasai dunia,” demikian pepatah ini begitu mashyur kita dengar, pepatah yang melukiskan akan besarnya kuasa media informasi.

Memang agak dramatis kedengarannya, namun disadari atau tidak, kian hari pepatah itu kian terbukti kebenarannya. Lebih-lebih ketika media informasi telah menjadi sedemikian canggih seperti yang kita rasakan hari ini. Informasi terbukti menjadi alat ampuh untuk menjajah pikiran manusia, mengendalikannya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bila penjajahan secara fisik seperti militer akan mudah menyadarkan korbannya, karena di dalam diri manusia terdapat naluri mempertahankan diri. Maka sesungguhnya penjajahan ide, menyusup dengan halus, menertibkan laku seseorang, tanpa sedikit pun orang itu menyadarinya. Bukan mustahil, sang korban menganggap penjajahnya sebagai mitra, teman penyelamat dan pemberi harapan.

Informasi mampu mendesain pikiran, membolak balik logika, lalu, mempengaruhi massa dengan jumlah yang tak terbatas, untuk mengikuti wacana yang diinginkan. Informasi menjadi penentu, akankah seseorang akan mendapat empati dan pembelaan atau justru dimusuhi, ditakuti dan dilawan. Informasi juga menjadi penentu akankah sebuah kebenaran bisa dilihat sebagai kebenaran atau justru sebaliknya. Kebenaran nampak sebagai keburukan.

Percaya atau tidak, semua itu bisa terjadi lantaran efek dari sebuah informasi. Maka hadirnya YAYASAN BERITA SIBER INDONESIA kami rasa perlu mendapat dukungan baik moril maupun materil untuk menjalankan misinya.

Akhir kata, semoga kegiatan sosial Yayasan Berita Siber Indonesia dapat melaksanakan Visi dan Misinya untuk ambil bagian dalam membangun masyarakat dan bangsa agar  dapat memahami dan sadar dalam memanfaatkan penggunaan plattform digital, etika dunia siber, hukum ITE, dan aman dari kejahatan dunia siber. Tugas pelayanan sosial YABERSI untuk ikut membantu mentransformasi masyarakat menuju Era Digital dengan selamat dan menjaga keutuhan Bangsa dan NKRI semoga berjalan dengan sukses.

( Dharma Leksana, S.Th., M.Si)

Pendiri dan Ketua Umum Yayasan Berita Siber Indonesia

Pemimpin Umum Media beritasiber.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here