Prodi Teknik Geomatika Unjani Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru TA. 2022/2023

2
133
Geomatiak Unjani Buka Pendaftaran Maru T.T. 2022-2023

Beritasiber.net – Cimahi Bandung, Program Studi Geomatika Fakultas Teknik Universitas Achmad Yani (Unjani) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2022.

Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. Ketua Program Pendidikan Geomatika Unjani mengatakan,” Kami dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Geomatika Unjani saat ini sudah membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Tahun 2022 – 2023. Kelompok keilmuan pada Prodi Geomatika Unjani adalah Geodesi dan Surveying, Kadaster (Pertanahan), Inderaja dan Sistem Informasi Geografis, Survey Hidrografi serta penentuan batas Internasional,” Tuturnya.

“Untuk perkuliahan prodi Geomatika dapat ditempuh dalam masa pendidikan 8 semester atau selama 4 tahun, dengan metode perkuliahan hybrid yaitu tatap muka dan online (daring) dengan fasilitas laboratorium yang bekerjasama dengan DITTOP TNI AD, Badan Informasi Geospasial (BIG) dan instansi lainnya,” Tambahnya.

Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. juga menyebutkan bahwa Prospek kerja lulusan Prodi Geomatika Unjani dapat berkarir di TNI, Konsultan Survey Pemetaan, Kontraktor, BUMN, BIG, BPN, maupun Pertambangan yang sangat terbuka luas peluang kerjanya.

Program Studi Sarjana Teknik Geomatika UNJANI memfasilitasi penerapan dan pengembangan wawasan keilmuan melalui pembelajaran dengan pembimbingan optimal dalam pengembangan keprofesian untuk menyelesaikan permasalahan bangsa dan dunia secara komprehensif, baik dalam lingkup akademik, profesional, wiraswasta, maupun pelayanan publik.

Pendidikan yang diselenggarakan di Program Studi Sarjana Teknik Geomatika Unjani adalah rekayasa geospasial, yaitu penciptaan dan operasionalisasi sistem sistem untuk memungkinkan terwujudnya suatu fenomena yang dikehendaki dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah geospasial sebagai sistem pendukung pengambilan kebijakan dalam upaya untuk mengoptimalkan pembangunan.

Kaidah ilmiah geospasial adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada pada, di atas, atau di bawah permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

KONSEP PENDIDIKAN

Bidang keahlian ilmu dan rekayasa geospasial yang diselenggarakan di Program Studi Sarjana Teknik Geomatika Unjani meliputi:
• Kelompok Geodesi dan Surveying , mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan pemodelan geospasial gaya berat, pergerakan lempeng, pergerakan horizontal dan vertikal muka tanah, serta berbagai fenomena kebencanaan. Dalam Surveying, mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan penentuan posisi, bentuk, dan ukuran objek serta fenomena geospasial.
• Kelompok Kadaster/Pertanahan, mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan aspek ruang spasial darat,serta pengaturan pemanfaatan, penguasaan, penilaian, dan perpajakan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan survey kadaster.
• Kelompok Penginderaan jauh dan Sains Informasi Geografis, mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan pengumpulan informasi geospasial tanpa melakukan kontak langsung dengan objek dan/atau fenomena dari jarak jauh, terutama menggunakan pesawat udara, Drone atau satelit
Sains informasi geografis, mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan pemodelan objek dan fenomena serta hubungan geospasial antar objek dan/atau fenomena tersebut dalam rangka pengambilan keputusan ( Decision Support System)
• Kelompok Survai Hidrografi, mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan rekayasa hidrografi, batas maritim, dan sistem pendukung pengambilan keputusan wilayah pesisir berbasiskan informasi geospasial

FASILITAS

Program Studi Sarjana Teknik Geomatika UNJANI didukung oleh Laboratorium Survey dan Pemetaan serta Laboratorium Informasi Geospasial kerja sama dng DITTOPAD & BIG. Laboratorium Survey dan Pemetaan mengelola peralatan survey dan pemetaan dengan teknologi terkini. Laboratorium Informasi Geospasial mengelola perangkat keras dan lunak terkini untuk mengolah, menyimpan, menyajikan, memanfaatkan, dan mendistribusikan data geospasial dari berbagai sumber.

KUALIFIKASI LULUSAN

Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Geomatika Unjani akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (ST) setelah mampu menunjukkan perilaku, tata bicara, dan penampilan yang santun dan berpendidikan, dapat menjadi bagian dari tim yang efektif, serta mampu menyampaikan gagasan dan pengetahuannya secara jujur, berdasar, terstruktur, efektif dan akurat; mampu menyampaikan gagasan dan pengetahuannya secara formal dalam bentuk tulisan maupun lisan serta menunjukkan kemampuan penggunaan pendekatan, metoda dan/atau teknologi rekayasa spasial untuk penyelesaian suatu persoalan rutin pada suatu bidang aplikasi dasar yang dipilih; serta memahami definisi potensi dan peran dirinya serta mampu mencari, menemukan dan memilih fakta dan informasi berkaitan dengan aplikasi rekayasa geopasial dasar secara terstruktur dan mandiri.

Untuk pendaftaran silakan akses link :

https://pendaftaran.unjani.ac.id/login

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here