Penerima BST di Jakarta Berkurang 186.882 KK setelah Pemprov DKI Jakarta memutakhirkan data penerima BST

0
163
corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial

Beritasiber.net – Jakarta, Pemutakhiran data yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta membuat pencairan BST tahap dua tertunda dari jadwal yang seharusnya pada Februari 2021. Jumlah penerima bantuan sosial tunai (BST) di Jakarta berkurang 186.882 KK setelah Pemprov DKI Jakarta memutakhirkan data penerima BST.

Dikutip Antara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, jumlah penerima BST tahap satu pada Januari 2021 sebanyak 1.992.098 KK. Setelah pemutakhiran data, jumlah penerima BST tahap dua menjadi 1.805.216 KK.

Untuk mengetahui apakah Anda masih terdaftar sebagai penerima BST tahap dua, ikuti langkah berikut:

  1. Buka situs web Pemprov DKI Jakarta dengan mengeklik  http://corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial
  2. Masukkan nomor kartu keluarga (KK) di kolom yang tersedia.
  3. Kemudian klik “Cari“.
  4. Setelah itu Anda dapat melihat apakah termasuk ke dalam daftar penerima BST DKI Jakarta tahap dua.

Setelah tertunda, Riza menyatakan bahwa BST tahap dua akan segera disalurkan. “Untuk tahap dua akan segera dilaksanakan karena perbaikan sudah rampung,” ucap Riza.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, BST untuk warga terdampak Covid-19 akan dicairkan pada minggu kedua Maret 2021.

“Untuk BST tahap dua ini dana akan ditransfer langsung ke rekening penerima manfaat pada minggu kedua bulan Maret 2021 secara serentak,” kata Premi dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3/2021).

Premi juga menjanjikan pencairan BST tahap ketiga bisa direalisasikan akhir Maret 2021. “Untuk pencairan tahap tiga akan dilakukan di akhir bulan Maret setelah penyelesaian transfer dana tahap dua. Insya Allah tidak bergeser waktunya,” kata Premi.

Namun, kata Premi, untuk penerima dengan usulan pendataan baru tidak bisa dicairkan bersamaan dengan penerima yang sudah mendapat BST tahap pertama. Sebab, penerima usulan baru membutuhkan waktu untuk proses administrasi seperti pencetakan buku tabungan dan kartu ATM dari Bank DKI. “Kecuali untuk usulan baru yang membutuhkan proses cetak buku dan kartu ATM bansos,” ucap dia.

Penerima Bansos Tunai Rp 300.000 di Jakarta Bisa Dicoret, Ini Ketentuannya : Penerima BST merupakan masyarakat yang ber-KTP DKI Jakarta dan merupakan keluarga penerima bantuan sosial sembako pada 2020 yang sudah diperbarui.

Dana BST yang bersumber dari APBD DKI Jakarta disalurkan ke rekening penerima BST di Bank DKI. Sementara itu, BST yang berasal dari pemerintah pusat akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia. BST yang diberikan sebesar Rp 300.000/keluarga/bulan yang rencananya akan disalurkan selama empat bulan terhitung Januari 2021.

(Sumber : Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Penerima BST di Jakarta Berkurang 186.882 KK, Masihkah Anda Terdaftar? Begini Cara Ceknya”, Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/11/16162121/penerima-bst-di-jakarta-berkurang-186882-kk-masihkah-anda-terdaftar?page=all#page3. Editor : Nursita Sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here