Lemhannas RI Buka Pelatihan untuk Pelatih di Balikpapan

0
4
Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat membuka kegiatan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara.

Beritasiber.net – Jakarta,  Saat ini, rasa kebangsaan bangsa Indonesia sedang mengalami degradasi seiring menguatnya arus globalisasi. Tindakan yang menyimpang dari empat konsensus dasar bangsa, yakni Pancasila UUD NRI Tahun 1945, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sering terjadi di Indonesia.

Salah satu upaya penting untuk menanggulangi hal tersebut adalah melalui kegiatan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai Kbs) bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara. Para pendidik dapat mentransformasikan Nilai-Nilai Kebangsaan kepada peserta didiknya setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai Kbs) bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara, saat ini sedang berlangsung di Balikpapan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto di Golden Grand Ballroom Hotel Platinum Kota Balikpapan pada Senin, 20 Juni 2022 dan akan berlangsung selama 11 hari sampai dengan tanggal 30 Juni 2022.

Lemhannas berharap melalui pelatihan ini, para pendidik di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mampu menjadi agen perubahan yang menerapkan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera, maju, aman, dan bermartabat.

Disisi lain juga dapat mewujudkan penyelenggaraan proses belajar mengajar yang berkarakter kebangsaan secara lebih efektif, inovatif, dan kreatif, sehingga dapat menyentuh rasa kebangsaan setiap peserta didik.

Gubernur Andi menilai peran aktif para peserta setelah mengikuti kegiatan bisa memproyeksikan wawasan kebangsaan Indonesia yang semakin kuat.

“Peran aktif dari Ibu dan Bapak (peserta) sekalian setelah selesai mengikuti pelatihan ini, betul-betul bisa memunculkan dan memproyeksikan bagaimana wawasan kebangsaan semakin kuat,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Sependapat dengan Lemhannas RI, Gubernur Provinsi Kalimatan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si juga berharap kegiatan ini dapat memperkaya pengetahuan, pemahaman serta memantapkan nilai-nilai kebangsaan bagi guru, dosen, dan widyaswara. Sehingga, ke depan para pendidik di Provinsi Kaliamantan Timur bisa menjadi agen perubahan yang memiliki pemahaman sama terhadap jati diri bangsa.

Selain itu, lanjut Gubernur Kaltim, para pendidik juga dapat mengiplementasikan, dan mampu mensosialisasikan kepada para pelajar, mahasiswa, dan PNS khususnya, serta masyarakat pada umumnya dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, untuk menyongsong Ibu Kota Nusantara.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta, terdiri dari 35 dosen, 5 widyaiswara, 52 guru, dan 8 orang TNI-Polri dengan mengangkat tema “Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang Bersumber dari 4 (Empat) Konsensus Dasar Bangsa dapat Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”.

Pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., Kapolda Provinsi Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Salim, SH, MH, Kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Timur Dra. Nina Dewi, M.AP., Danrem 091/Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Dendi Suryadi, S.H., M.H., Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Sidik Setiyono, S.E., M.Han., Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafis, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Makmur HAPK, Walikota Pemerintah Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE., M.E, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Drs. H. Masrawan, M.Ag., Perwakilan Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Provinsi Kalimantan Timur, serta Para Asisten/Kepala Badan/Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Biro Humas Lemhannas RI
Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110
Telp. 021-3832108/09
http://www.lemhannas.go.id
Instagram : @lemhannas_ri
Facebook : lembagaketahanannasionalri
Twitter : @LemhannasRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here