Kaprodi Geomatika Fakultas Teknik Unjani Selenggarakan Sosialisasi Prodi Teknik Geomatika di SMK Negeri PU Bandung

0
6

Beritasiber.net – Kota Bandung, Pemerintah yang berkomitmen untuk terus melanjutkan Kebijakan Satu Peta dengan menerbitkan Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000 yang diundangkan pada 6 April 2021.

Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat karena saat ini tidaklah banyak orang yang memiliki kemampuan yang ahli di bidang Pemetaan, bahkan pendidikan tinggi masih belum banyak yang membuka Program Studi Geomatika sebagai unsur utama suksesnya Kebijakan Satu Peta, One Map Policy ini.

Universitas Jenderal Achmad Yani atau Unjani merespon kebutuhan penyediaan Sumber Daya Manusia yang ahli di bidang pemetaan, saat ini membuka Progam Studi Geomatika dibawah Fakultas Teknik Unjani.

Saat ini Kaprodi Geomatika Fakultas Tekni Unjani terus mengupayakan agar banyak masyarakat yang menyadari arti pentingnya belajar Ilmu Geomatika dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi prodi teknik Geomatika.

Kegiatan Sosialisasi Prodi Teknik Geomatika Fakultas Teknik Unjani pada hari Selasa, 14 Juni 2022, diadakan di SMKN PU, Jl. GARUT Bandung, dan dihadiri oleh para Siswa SMK Negeri PU Program Keahlian Teknik Geospasial.

Acara di awali sambutan oleh Ketua Program Keahlian Teknik Geospasial SMK Pekerjaan Umum Negeri Provinsi Jawa Barat Agi Arianto Wibowo, S.Pd., Gr. didampingi Staf Dosen Teknik Geomatika Unjani Yoga Kencana N, ST., M.Eng.

Agi Arianto Wibowo mengatakan,” Kami senang mendapat informasi yang bermanfaat mengenai pentingnya Program Studi Geomatika dalam kegiatan Sosialisasi oleh Kaprodi Teknik Geomatika Unjani, Kol. Purn. Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT., Semoga anak anak SMK PU Teknik Geomatika Bandung nantinya setelah lulus dapat melanjutkan studinya disana,” Sambutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi  Prodi Teknik Geomatika Fakultas Teknik Unjani oleh Kaprodi Teknik Geomatika Unjani, Kol. Purn. Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT.

Sukanto Hadi menerangkan bahwa, Kurikulum Prodi Teknik Geomatika Unjani secara spesifik dirancang untuk menghasilkan tenaga profesional yang memiliki setidaknya tiga kompetensi dasar yaitu surveying, positioning dan mapping, kompeten dalam menggunakan alat alat pengambilan data geospasial secara langsung di lapangan seperti Theodolit, Water Pass, Global Positioning System dan sebagainya, kompeten dalam mencari dan menyajikan data data spasial dalam berbagai bentuk peta dan informasi, kompeten mengolah data citra foto dan satelit dengan menggunakan software pengolah citra, seperti ER- Mapper, Envi, Arc Gis dan sebagainya.

Pada akhir sesi kegiatan dilakukan kegiatan tanya jawab, dan para siswa terlihat sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancer.

(Adil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here